Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Tahun 2025, Seluruh Pelayanan Kemenkum Berbasis Digital

 16.12.24RAT1

 

Tangerang - Menteri Hukum, Supratman Andi Agtas, menyebut di tahun 2025 seluruh pelayanan publik di Kementerian Hukum (Kemenkum) akan berbasis digital. Ia mengatakan transformasi digital ini dilakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kementerian Hukum sudah mencanangkan sebuah transformasi. Kami bertekad di tahun 2025, seluruh layanan di Kementerian Hukum sudah berbasis digital,” kata Supratman dalam kegiatan refleksi akhir tahun 2024 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Senin (16/12/2024).

Melalui transformasi digital, masyarakat mendapatkan akses yang lebih mudah terhadap setiap jenis pelayanan di Kemenkum. Transformasi ini juga merupakan upaya Kemenkum untuk menjadi pelopor keterbukaan informasi publik.

“Kami terbuka untuk mendapatkan pengawasan, baik eksternal maupun internal. Saya mohon masukan dari Ombudsman agar kementerian ini bisa menjadi pelopor di dalam keterbukaan informasi,” ujarnya di Gedung Politeknik Pengayoman Indonesia, Tangerang.

Di tahun 2025, lanjut Supratman, Kemenkum akan meningkatkan kolaborasi antar kementerian, memperkuat kebijakan yang berpihak pada keadilan, serta membangun budaya hukum yang positif di tengah masyarakat.

Menurutnya, sinergi yang baik antar kementerian akan memastikan bahwa pembangunan hukum berjalan selaras dengan kebutuhan negara dan harapan rakyat.

“Kolaborasi di antara ‘saudara kandung’ (Kemenkum, Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan, Kementerian HAM, Kementerian Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan) pasti akan tetap berjalan. Kita punya kebijakan yang beririsan. Salah satu contohnya perumusan kebijakan terkait pemberian amnesti,” ucapnya.

Sementara itu, di sisi pembangunan hukum, Supratman mengatakan Kemenkum akan memperkuat sistem hukum yang inklusif di tahun 2025. Ia mengatakan tahun depan harus menjadi tahun yang penuh perbaikan dan inovasi. Ia ingin hukum yang adil bisa dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat tanpa terkecuali.

“Kita harus semakin memperkuat sistem hukum yang inklusif, yang tidak hanya adil di atas kertas, tetapi juga bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali,” tambah Supratman.

Pemberian Penghargaan Refleksi Akhir Tahun 2024

Pada momen refleksi akhir tahun 2024 ini, diberikan penghargaan kepada sejumlah kementerian, lembaga, pemerintah daerah, Kantor Wilayah serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang mendukung pembangunan hukum dan memberikan pelayanan publik prima. Berikut daftar penghargaan pada momen refleksi akhir tahun 2024:

Penghargaan Hasil Penilaian Indeks Reformasi Hukum Tahun 2024 Tingkat Kementerian:

1. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

2. Kementerian Kelautan dan Perikanan

3. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Penghargaan Hasil Penilaian Indeks Reformasi Hukum Tahun 2024 Tingkat Lembaga:

1. Dewan Perwakilan Rakyat

2. Badan Pemeriksa Keuangan

3. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)

Penghargaan Hasil Penilaian Indeks Reformasi Hukum Tahun 2024 Tingkat Pemerintah Provinsi:

1. Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Pemerintah Daerah Provinsi Banten

3. Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Khusus Jakarta

Penghargaan Hasil Penilaian Indeks Reformasi Hukum Tahun 2024 Tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota:

1. Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang

2. Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor

3. Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo

Penghargaan Unit Penyelenggara Pembinaan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan:

1. Kanim Kelas II Non TPI Ponorogo - UPP Terbaik

2. Lapas Kelas IIB Muara Enim - UPP Terbaik

3. Kantor Wilayah Kementerian Hukum Banten - Baik

4. Kanim Kelas I Non TPI Bogor - Baik

5. Lapas Perempuan Kelas IIA Malang - Baik

Satuan Kerja Berpredikat Pelayanan Prima Tahun 2024:

1. Kanim Kelas I TPI Yogyakarta

Penghargaan Zona Integritas WBK

1. 5 (lima) satuan kerja di lingkungan Kementerian Hukum

2. 74 (tujuh puluh empat) satuan kerja di lingkungan Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan

Penghargaan Zona Integritas WBBM

1. Lapas Kelas IIB Wonosari

2. Bapas Kelas I Surakarta

3. Bapas Kelas II Magelang

4. Kanim Kelas I TPI Malang

5. Kanim Kelas II Non TPI Madiun

6. Kanim Kelas II Non TPI Ponorogo

Penghargaan Capaian Kinerja Kantor Wilayah:

Dari hasil perhitungan, Kantor Wilayah berkinerja terbaik pada Tahun 2024 yaitu:

1. Kanwil Kemenkum Jawa Tengah 82,36%

2. Kanwil Kemenkum Jawa Barat 82,27%

3. Kanwil Kemenkum D.I Yogyakarta 82,06%

Penghargaan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI:

1. Menteri Hukum

2. Menteri Hak Asasi Manusia

3. Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan

 

 

16.12.24RAT2

16.12.24RAT3

16.12.24RAT4

16.12.24RAT5

16.12.24RAT6

16.12.24RAT7

16.12.24RAT8

16.12.24RAT9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SUMATERA UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20112
PikPng.com phone icon png 604605   081260894926
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilsumut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humas.kanwilsumut@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SUMATERA UTARA


         

  Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat,
Kota Medan, Sumatera Utara 20112
  081260894926
  kanwilsumut@kemenkumham.go.id
  humas.kumhamsumut@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI